Syarat dan Ketentuan

SYARAT DAN KETENTUAN MERCHANT

(Klik Link di atas Untuk Melihat Syarat dan Ketentuan Merchant)

SYARAT DAN KETENTUAN CUSTOMER

1. KETENTUAN UMUM

1. Selamat datang di Aplikasi Tanam Emas (selanjutnya disebut “Aplikasi”). Perlu Kami sampaikan bahwa syarat dan ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang sah bagi Anda (selanjutnya disebut “Customer”) dan PT Tanam Emas Murni beserta afiliasinya dan anak perusahaannya (selanjutnya disebut “Tanam Emas” atau “Kami”). Karenanya sebelum Anda dapat menjadi Customer Tanam Emas (selanjutnya disebut “Customer”), Anda dipersilahkan membaca dan memberikan persetujuan atas seluruh syarat dan ketentuan yang tersedia dalam Aplikasi dengan cermat sebelum membuka, mendaftarkan, dan menggunakan Akun Customer (selanjutnya disebut “Akun Customer” atau “Akun”), agar Anda mengetahui dengan baik hak dan kewajiban hukum Anda sehubungan dengan layanan-layanan yang Kami tawarkan dan tersedia dalam Aplikasi. Dengan membuka, mendaftar dan/atau menggunakan Akun, maka Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui serta terikat dengan semua ketentuan yang tercantum dalam syarat dan ketentuan ini. Apabila Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi syarat dan ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan-layanan yang Kami tawarkan dalam Aplikasi. Setiap layanan-layanan Tanam Emas yang Anda gunakan tunduk pada aturan, kebijakan dan ketentuan tambahan yang berlaku bagi layanan-layanan Tanam Emas tersebut.

2. Selanjutnya perlu Kami sampaikan apabila Anda berusia di bawah 18 (delapan belas) Tahun dan Belum Menikah atau berada dibawah pengampuan, maka Anda harus memperoleh persetujuan dari Orang Tua atau Wali Pengampu Anda. Apabila tidak dapat memahami bagian ini, mohon jangan membuat Akun sampai Anda menerima bantuan dari Orang Tua atau Wali Pengampu Anda. Apabila Anda adalah Orang Tua atau Wali Pengampu, Anda harus menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan di bawah ini, kebijakan privasi, dan ketentuan-ketentuan lain yang tersedia dalam Aplikasi, selanjutnya Anda akan bertanggung jawab atas semua penggunaan Akun dan/atau penggunaan layanan-layanan Tanam Emas melalui Akun tersebut.

3. Tanam Emas berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan sebagian ataupun seluruh layanan-layanan yang ditawarkan melalui Aplikasi setiap saat ataupun setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh Undang-Undang atau Peraturan Setempat.

4. Dalam rangka meningkatkan layanan dan kenyamanan, Tanam Emas berhak sewaktu-waktu meluncurkan layanan-layanan atau fitur-fitur tertentu dalam versi beta (beta version), yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama dengan versi akhir (final version). Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala kerugian maupun kegagalan yang mungkin timbul dari penggunaan layanan-layanan atau fitur-fitur dalam versi beta tersebut.

5. Anda tidak diperkenankan untuk membahayakan, mengubah atau memodifikasi Aplikasi atau mencoba untuk membahayakan, mengubah atau memodifikasi Aplikasi dengan cara apapun. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang sesuai atau jika Anda telah membuka versi yang salah untuk perangkat Anda.

6. Tanam Emas berhak sewaktu-waktu berdasarkan penilaian sendiri menolak memberikan akses kepada Akun Anda dengan alasan apapun. Penilaian dari Tanam Emas bersifat mutlak dan final serta tidak dapat berubah kecuali atas pertimbangan atau persetujuan dari Tanam Emas.

2. DEFINISI

1. PT Tanam Emas Murni adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola dan/atau mengoperasikan penawaran dan/atau perdagangan barang berupa Emas Logam Mulia, Emas Perhiasan dan Batu Permata melalui platform digital, yaitu Aplikasi Tanam Emas dan Website Merchant.

2. Platform Tanam Emas adalah Platform Perdagangan Emas Logam Mulia, Emas Perhiasaan, dan Batu Permata yang disediakan oleh PT Tanam Emas Murni pada Aplikasi Tanam Emas (untuk Customer) dan Website Tanam Emas (untuk Merchant).

3. Aplikasi Tanam Emas adalah aplikasi yang berbasis android dan/atau iOS untuk Customer.

4. Merchant adalah setiap orang atau badan usaha yang memiliki Akun terdaftar dan terverifikasi yang melakukan penawaran penjualan melalui Website Merchant.

5. Customer adalah user yang memiliki Akun terdaftar dan melakukan pembelian pada Aplikasi Tanam Emas.

6. Kadar adalah pengukuran yang bertujuan untuk menentukan tingkat kemurnian emas.

7. Emas Logam Mulia adalah logam mulia batangan yang dijual secara fisik dengan kadar 99,99% (sembilan puluh sembilan koma sembilan puluh sembilan persen).

8. Emas Perhiasan adalah perhiasan dalam bentuk apapun yang bahannya sebagian atau seluruhnya dari emas dan logam mulia lainnya dengan kadar emas tertentu yang dijual secara fisik.

9. Batu Permata adalah mineral atau batu yang dibentuk dari hasil prosedur geologi yang unsurnya terdiri atas satu ataupun sejumlah komponen kimia yang memiliki nilai ekonomi yang menjadi satu kesatuan dengan emas perhiasan.

10. Produk adalah barang-barang yang diperbolehkan untuk dijual melalui Tanam Emas, meliputi Emas Logam Mulia, Emas Perhiasan, dan/atau Batu Permata.

11. Pembelian adalah transaksi pembelian Produk yang ditawarkan Merchant oleh Customer di Aplikasi.

12. Harga Beli adalah harga yang tertera pada halaman produk.

13. Biaya Layanan adalah biaya yang dikenakan kepada Customer atas layanan tertentu pada Aplikasi yang nilainya ditentukan oleh Tanam Emas.

14. Data adalah setiap informasi yang Tanam Emas peroleh dari Customer melalui akses fasilitas transaksi pada Aplikasi dari waktu ke waktu dan akan diperlakukan sesuai dengan ketentuan dan kebijakan Tanam Emas.

15. Informasi Pribadi adalah setiap dan seluruh data pribadi yang diberikan dan diungkap oleh Customer pada Aplikasi Tanam Emas, termasuk namun tidak terbatas nama subjek hukum, legalitas (Kartu Tanda Penduduk), e-mail, nomor telepon seluler (handphone), alamat, data rekening, serta dokumen dan data pendukung lainnya sebagaimana diminta pada proses pendaftaran pada Aplikasi.

16. One Time Password (OTP) adalah sebuah kode yang terdiri dari angka yang dikirimkan secara otomatis, setiap kali sistem Tanam Emas memerlukan otentikasi dari Customer dan bertujuan untuk memastikan keamanan transaksi dalam Aplikasi.

17. Saldo adalah nominal yang terakumulasi dalam Akun Customer dari hasil permohonan pengembalian dana atau pembatalan transaksi.

18. Penarikan Dana (withdrawal) adalah layanan penarikan Saldo Akun ke rekening bank Customer sesuai dengan data rekening bank yang terdaftar.

19. Penangguhan (Suspend) adalah sanksi berupa pembekuan dan penghentian segala aktivitas Akun Customer pada Aplikasi.

20. Daftar Hitam (Blacklist) adalah daftar nama calon Customer, Customer, calon Merchant dan/atau Merchant yang terkena sanksi tidak dapat menggunakan jasa layanan Tanam Emas dikarenakan telah diduga dan/atau telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan Tanam Emas dalam menggunakan Platform Tanam Emas.

21. Hari Kerja adalah Hari Senin sampai dengan Hari Jumat pukul 10.00 – 16.00 WIB, dan hari Sabtu pukul 10.00 – 13.00 WIB, tidak termasuk Hari Minggu, dan Hari Libur Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

3. PENDAFTARAN DAN KEAMANAN AKUN

1. Tanam Emas tidak memungut biaya pendaftaran Akun pada Aplikasi Tanam Emas kepada Customer.

2. Selama proses pendaftaran Akun, Customer diwajibkan untuk memberikan informasi yang valid, asli, terkini dan memadai. Tanam Emas tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat kesalahan informasi yang Anda lakukan.

3. 1 (satu) nomor telepon dan 1 (satu) Nomor Induk Kependudukan (NIK) hanya berlaku untuk pendaftaran 1 (satu) Akun Customer. Apabila didapati data-data tersebut digunakan untuk Akun yang berbeda, Tanam Emas berhak untuk melakukan Penangguhan, penolakan atau tindakan lain yang diperlukan pada Akun tersebut.

4. Tanam Emas berhak untuk menangguhkan sebagian ataupun seluruh transaksi pada Akun yang disebabkan oleh penggunaan 2 (dua) atau lebih perangkat dan/atau Akun yang menggunakan NIK yang sama pada Aplikasi, dimana segala kerugian yang mungkin timbul sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Customer dan Customer dengan ini membebaskan Tanam Emas dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi yang timbul atau akan timbul di kemudian hari baik dari Merchant atau dari pihak manapun.

5. Dengan menyetujui syarat dan ketentuan ini, Customer menyatakan tidak akan menggunakan Aplikasi Tanam Emas untuk tujuan yang dilarang oleh syarat dan ketentuan, Peraturan Perundang-Undangan dan hukum yang berlaku dalam Negara Republik Indonesia.

6. Customer bertanggung jawab untuk menjaga segala informasi kerahasiaan dan keamanan yang tidak terbatas pada nama Akun, nomor telepon seluler (handphone), password, NIK, Kode OTP, data perbankan untuk semua aktivitas yang terjadi dalam Akun Customer.

7. Tanam Emas hanya akan meminta, memproses, dan mengalihkan data yang disediakan oleh Customer sebatas untuk keperluan transaksi pada Platform Tanam Emas dengan pemberitahuan kepada Customer terlebih dahulu.

8. Dengan menyetujui syarat dan ketentuan ini, maka Customer menyetujui bahwa Tanam Emas dapat mengumpulkan, mengolah, dan membagikan informasi dan dokumen yang diberikan pada saat proses pendaftaran kepada Pihak Ketiga untuk proses verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran, seperti namun tidak terbatas pada mitra-mitra Tanam Emas, yang ketentuannya diatur lebih lanjut pada Kebijakan Privasi.

9. Customer menyetujui untuk tidak menggunakan dan/atau mengakses sistem Aplikasi Tanam Emas secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan virus, perangkat lunak, atau teknologi lainnya yang dapat mengakibatkan melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Platform Tanam Emas.

10. Customer dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat keras/lunak/fitur dan/atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada emulator, robot, macro, crawler dan/atau perangkat otomatis yang bertujuan untuk mengakses atau menggunakan layanan pada sistem Aplikasi Tanam Emas, seperti namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Customer; (ii) membuat banyak Akun; (iii) memanipulasi perangkat yang bertujuan untuk merugikan Aplikasi Tanam Emas; (iv) kegiatan perambahan (crawling/scraping) atau penyalinan konten; (v) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi,dan lain sebagainya; (vi) mengumpulkan (harvest) atau mencuri data Customer; (vii) melakukan spamming, mengirimkan komunikasi elektronik dalam jumlah besar, mengirimkan surat berantai; dan/atau (vii) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi layanan dan sistem pada Aplikasi Tanam Emas.

11. Tanam Emas tidak akan meminta Akun username atau kode OTP diluar Aplikasi untuk alasan apapun. Oleh karena itu, Tanam Emas mengimbau Customer agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Tanam Emas atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

12. Customer dengan ini menyatakan bahwa Tanam Emas tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan Akun Customer yang diakibatkan oleh kelalaian Customer, seperti namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk Akun yang dikirimkan oleh Tanam Emas melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Customer, meminjamkan Akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan password atau kode verifikasi OTP, atau e-mail kepada pihak lain, maupun kelalaian Customer lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Akun Customer.

13. Customer memahami dan menyetujui bahwa untuk menggunakan fasilitas OTP, maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Customer dengan nominal tarif sesuai ketentuan dari penyedia jasa telekomunikasi yang dibebankan kepada Customer.

14. Apabila Customer menerima kode OTP meskipun tidak melakukan tindakan atau transaksi apapun dalam Aplikasi, maka Customer disarankan agar segera menghubungi dan melaporkan permintaan OTP kepada pusat bantuan Tanam Emas untuk mencegah penyalahgunaan Akun oleh pihak lain lebih lanjut.

15. Setiap informasi yang Tanam Emas peroleh dari Customer melalui akses fasilitas Aplikasi Tanam Emas dari waktu ke waktu akan diperlakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi Tanam Emas.

16. Tanam Emas berhak sepenuhnya untuk membatasi, menutup atau mengakhiri pelayanan dari suatu Akun, melarang akses ke Aplikasi, memperlambat atau menghapus hosted content, dan mengambil langkah-langkah hukum untuk menjaga Customer jika Tanam Emas menganggap Customer atau pengguna lain melanggar hukum-hukum yang berlaku, melanggar hak milik intelektual dari pihak lain, atau melakukan suatu pelanggaran yang melanggar hal-hal yang tertera pada syarat dan ketentuan ini, serta Customer yang telah masuk ke dalam Daftar Hitam (blacklist) Tanam Emas.

17. Customer tidak diperkenankan menjual, berupaya menjual, menawarkan untuk menjual, memberikan, menyerahkan atau mengalihkan Akun, identitas, nomor telepon seluler (handphone), NIK Customer maupun Kode OTP kepada pihak ketiga dengan alasan apapun. Tanam Emas dapat menangguhkan atau menghentikan Akun Customer atau Akun pihak yang menerima pengalihan dari Akun Customer yang dijual, ditawarkan untuk dijual, diberikan, diserahkan atau dialihkan dengan melanggar ketentuan ini. Dalam hal terjadi pengalihan Akun yang tidak segera ditangguhkan ataupun dihentikan oleh Tanam Emas, maka perbuatan-perbuatan tidak dapat dimaknai sebagai bentuk persetujuan dari Tanam Emas sehingga seluruh akibat dan risiko yang timbul adalah merupakan tanggung jawab dari Customer yang mengalihkan.

18. Customer dapat melakukan perubahan pada Akun sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh Tanam Emas. Customer harus memastikan bahwa perubahan pada Akun Customer telah sesuai dengan yang diinginkan dan Customer bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan Akun yang dilakukan oleh Customer. Customer menyetujui bahwa setiap perikatan dan tindakan hukum yang terjadi sebelum dan sesudah perubahan Akun tetap mengikat secara hukum. Customer bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan Akun semua aktivitas yang terjadi dalam penggunaan Akun pada Aplikasi.

19. Tanam Emas memiliki kewenangan untuk melakukan Penangguhan dan/atau penghapusan dan/atau penolakan pendaftaran atau perubahan pendaftaran Akun Customer apabila ditemukan atau diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan serta kebijakan lain Tanam Emas.

20. Setiap informasi yang Tanam Emas peroleh dari Customer melalui akses fasilitas Aplikasi dari waktu ke waktu akan diperlakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi Tanam Emas.

4. TATA CARA PEMBELIAN

1. Customer dapat bertransaksi melalui prosedur transaksi Pembelian yang telah ditetapkan oleh Tanam Emas, termasuk namun tidak terbatas pada prosedur metode pembayaran, prosedur pengiriman barang, prosedur pengembalian barang, dan sebagainya.

2. Sebelum melakukan transaksi, Customer diharapkan memastikan seluruh data yang terdapat pada Akun profil Customer di Aplikasi sudah sesuai dengan telah dipenuhi seluruhnya sesuai dengan ketentuan.

3. Customer dalam hal ini diharapkan untuk membaca dan memahami jenis, harga, stok, dan deskripsi Produk yang diuraikan Merchant pada halaman Produk sebelum melakukan pembelian, termasuk memeriksa apakah Merchant telah dibubuhi tanda ‘mark as checked’ pada halaman produknya, yang menandakan unggahan Produk telah ditinjau oleh Tanam Emas. Dengan melakukan Pembelian menggunakan Aplikasi Tanam Emas, maka Customer menyatakan telah memahami dan mengetahui dengan pasti spesifikasi Produk yang dibeli oleh Customer.

4. Customer menyetujui bahwa dengan dilakukannya pembelian melalui Aplikasi Tanam Emas, maka Customer masuk ke dalam perjanjian yang mengikat dan sah secara hukum.

5. Customer memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan diluar Aplikasi Tanam Emas dan tanpa sepengetahuan Tanam Emas (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar Aplikasi Tanam Emas atau upaya lainnya) yang mengatasnamakan Tanam Emas adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Customer.

6. Customer memahami bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Aplikasi tergantung pada monitor komputer dan layar telepon seluler (handphone) Customer. Tanam Emas telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Aplikasi muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Aplikasi akan 100% (seratus persen) akurat.

7. Tanam Emas berhak menolak dan/atau membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan/atau tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, kebijakankebijakan, ketentuan hukum, dan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia. Atas penolakan atau pembatalan tersebut, Customer membebaskan Tanam Emas dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi yang timbul atau akan timbul di kemudian hari, baik dari Customer atau dari pihak manapun.

8. Dalam hal terdapat promo terkait dengan transaksi pembelian Produk, maka syarat dan ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Customer.

9. Dalam hal Tanam Emas mengetahui bahwa terdapat permasalahan atas Akun Customer, maka Tanam Emas berwenang untuk menangguhkan dan/atau membatalkan seluruh transaksi-transaksi yang dilakukan oleh Customer tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selanjutnya segala kerugian-kerugian yang timbul baik materiil maupun immateriil akibat Penangguhan dan/atau pembatalan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Customer.

5. HARGA DAN BIAYA PRODUK

1. Harga Produk yang tertera pada Aplikasi Tanam Emas adalah harga yang ditetapkan oleh Merchant dan sudah termasuk pajak.

2. Harga Produk tersebut diatas tidak termasuk biaya-biaya lain seperti biaya pengiriman, biaya asuransi pengiriman, biasa jasa layanan yang akan ditanggungkan kepada Customer dan nominalnya akan disesuaikan dengan Produk yang dibeli dan wilayah pengiriman. Segala biaya yang akan ditanggung oleh Customer akan terlampir pada halaman konfirmasi pembayaran.

3. Harga Produk yang telah ditetapkan oleh Merchant tidak akan berubah apabila Customer telah melakukan konfirmasi pemesanan produk hingga batas waktu pembayaran berakhir.

4. Customer memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman Aplikasi Tanam Emas dikarenakan koneksi layanan internet yang digunakan Customer merupakan tanggung jawab Customer.

5. Tanam Emas berhak sewaktu-waktu untuk membatasi jumlah transaksi Produk yang dilakukan oleh Customer.

6. Aplikasi Tanam Emas untuk saat ini hanya melayani transaksi penjualan Produk dalam mata uang Rupiah.

6. MEKANISME PEMBAYARAN PEMBELIAN PRODUK

1. Tanam Emas bekerja sama dengan penyedia jasa pembayaran yang terpercaya dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dapat digunakan oleh Customer.

2. Customer berhak untuk memilih metode pembayaran yang telah disediakan oleh penyedia jasa pembayaran yang terdapat pada Aplikasi, dimana setiap biaya transaksi pembayaran akan ditagihkan kepada Customer sesuai dengan jumlah nominal yang tertera pada halaman konfirmasi pembayaran.

3. Customer wajib melakukan pembayaran paling lama 3 (tiga) jam sejak Produk dipesan. Apabila melebihi jangka waktu tersebut, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem. Segala kerugian yang timbul menjadi tanggung jawab Customer dan dengan ini Customer membebaskan Tanam Emas dari segala tuntutan apapun.

4. Customer disarankan untuk memeriksa kembali jumlah nominal pembayaran dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran sebelum mengajukan pembayaran. Tanam Emas tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat kesalahan Customer dalam memasukkan nominal pembayaran yang salah.

5. Pembayaran akan segera diverifikasi oleh sistem dan status pembayaran pada aplikasi akan berubah.

6. Tanam Emas tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian yang dialami oleh Customer yang timbul dari informasi pengiriman dan/atau informasi pembayaran yang dimasukkan atau pengiriman uang yang salah oleh Customer sehubungan dengan pembayaran untuk barang yang dibeli. Tanam Emas berhak untuk mengecek apakah Customer berwenang untuk menggunakan metode pembayaran tertentu, dan dapat menangguhkan transaksi sampai otorisasi tersebut dikonfirmasi atau membatalkan transaksi yang bersangkutan bila konfirmasi tersebut tidak tersedia.

7. PENGIRIMAN PRODUK

1. Demi keamanan dan kenyamanan Customer, Tanam Emas bekerja sama dengan perusahaan jasa ekspedisi yang terpercaya dalam menyediakan layanan untuk pengiriman Produk ke seluruh Wilayah Republik Indonesia.

2. Customer memahami bahwa Tanam Emas hanya bertindak sebagai perantara yang mempertemukan Customer dengan perusahaan jasa ekspedisi yang dipilih oleh Customer dan Customer merupakan pihak yang menunjuk dan menggunakan jasa ekspedisi dalam mengirimkan produk kepada Customer sendiri. Sehingga seluruh pembayaran biaya pengiriman Produk menjadi tanggung jawab dari Customer.

3. Biaya pengiriman Produk ke alamat yang telah daftarkan oleh Customer mengacu pada tarif perusahaan jasa ekspedisi dan sudah termasuk asuransi dari pihak perusahaan jasa ekspedisi yang bekerja sama resmi dengan Tanam Emas. lnformasi biaya pengiriman dapat diperoleh melalui menu informasi atau menu transaksi pada Aplikasi.

4. Proses pengiriman oleh perusahaan jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan Tanam Emas dilakukan dengan estimasi tergantung pada jarak wilayah pengiriman dan jenis pengiriman yang dipilih.

5. Dalam hal selama proses pengiriman terjadi kendala seperti namun tidak terbatas pada barang hilang, barang rusak, pengiriman tidak sesuai dengan alamat yang ditentukan, selain akibat kelalaian dari Customer, maka Customer harus memberitahukan hal tersebut kepada pusat pengaduan Tanam Emas yang disediakan melalui Platform Tanam Emas. Kami selanjutnya akan meneruskan keberatan kepada perusahaan jasa ekspedisi yang bersangkutan untuk mencari solusi yang terbaik bagi Customer.

6. Saat pengantaran produk, perusahaan jasa ekspedisi dapat sewaktu-waktu mewajibkan adanya bukti pengantaran secara elektronik dari Customer berupa foto penerima Produk bersama dengan Produk tersebut saat barang sampai ke alamat yang ditentukan sebagai bukti bahwa Produk telah diantar dan diterima oleh Customer. Apabila diminta, Customer (atau penerima yang menerima Produk atas nama Customer) harus bersedia untuk difoto semata-mata untuk tujuan penyerahan bukti pengantaran secara elektronik.

7. Segala ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk yang ditentukan oleh perusahaan jasa ekspedisi juga berlaku mengikat kepada Customer.

8. Setiap pengiriman Produk yang dilakukan melalui perusahaan jasa ekspedisi dianggap telah diterima oleh Customer dalam waktu 3 (tiga) hari kalender sejak sampainya produk ke alamat yang didaftarkan oleh Customer. Keadaan tersebut dapat dibuktikan dengan cara menunjukkan bahwa Produk telah dikirimkan ke alamat yang benar melalui bukti pengiriman yang ada.

9. Tanggung jawab Tanam Emas terbatas pada layanan Tanam Emas melalui layanan pusat bantuan untuk memfasilitasi laporan/keluhan Customer kepada perusahaan jasa ekspedisi yang bersangkutan. Apabila Customer tidak melakukan pemberitahuan terkait perihal tersebut, maka Tanam Emas menganggap Customer telah menerima Produk dengan baik.

10. Transaksi pengiriman Produk yang sudah di proses tidak dapat dibatalkan. Jika terjadi kesalahan pemilihan alamat pengiriman oleh Customer maka menjadi tanggung jawab penuh dari Customer, dan dengan ini Customer membebaskan pihak Tanam Emas dan/atau perusahaan jasa ekspedisi dari tuntutan maupun ganti rugi apapun.

8. PENGEMBALIAN DAN PEMBATALAN TRANSAKSI

1. Customer dapat melakukan penukaran Produk atau pengembalian dana dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini: a. Customer tidak menerima sebagian atau semua Produk yang telah dibeli; b. Terdapat ketidaksesuaian pada Produk yang diterima oleh Customer dengan pesanan, baik ketidaksesuaian terhadap kualitas maupun kuantitas, seperti gramasi / berat, kadar, bentuk, keaslian, jumlah barang dan warna; dan/atau c. Terdapat cacat produksi atau kerusakan pada Produk yang diterima oleh Customer.

2. Customer dapat mengajukan Penukaran Produk atau pengembalian dana paling lama 2x24 (dua kali dua puluh empat) jam sejak Produk diterima oleh Customer dan/atau status pesanan dalam Aplikasi Tanam Emas adalah diterima. Apabila jangka waktu yang ditentukan telah berakhir dan tidak terdapat pengajuan penukaran Produk atau pengembalian dana, maka transaksi dianggap selesai dan Customer menyetujui bahwa Customer tidak lagi mempunyai hak untuk mengajukan penukaran Produk, pengembalian dana atau pembatalan dengan alasan apapun.

3. Pengajuan penukaran Produk atau pengembalian Dana harus disertai dengan bukti berupa video unboxing Produk yang sesuai dengan ketentuan Tanam Emas pada saat diterima hingga terjadinya keadaan-keadaan yang menyebabkan dapat dilakukannya penukaran Produk atau pengembalian dana. Customer harus memastikan bahwa Produk, termasuk setiap barang gratis/bawaan seperti aksesoris yang datang bersama dengan Produk (apabila ada), harus dikembalikan kepada Tanam Emas dalam kondisi yang diterima oleh Customer pada saat pengiriman. Tanam Emas akan menyarankan Customer untuk selalu mengambil foto Produk yang dikirimkan pada saat menerima dan membukanya.

4. Proses pengembalian Dana akan diproses dalam kurun waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja sejak diajukan pengembalian dana atau penukaran Produk yang dibeli oleh Customer telah diterima kembali oleh Merchant. Pengembalian dana akan dibayarkan ke rekening terdaftar Customer. Tanam Emas menghimbau Customer untuk memastikan tidak ada kesalahan data rekening yang diinput dalam Aplikasi yang menyebabkan terjadi kegagalan atau kesalahan dalam proses pengembalian dana. Customer bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Tanam Emas dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun.

5. Segala biaya yang timbul sehubungan dengan pengembalian Produk, seperti namun tidak terbatas pada biaya pengemasan Produk, biaya pengiriman kembali dari Customer kepada Merchant, biaya pengiriman Produk pengganti, biaya asuransi Produk pada perusahaan jasa ekspedisi untuk setiap pengiriman Produk, serta biaya-biaya lainnya yang timbul sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Customer, kecuali apabila ditentukan lain oleh Tanam Emas. Apabila Customer karena alasan apapun juga tidak bersedia dan/atau tidak dapat membayar biaya-biaya yang timbul dari pengembalian produk dalam waktu yang ditentukan, maka transaksi dianggap dibatalkan dan produk yang diterima oleh Customer harus dikembalikan kepada Merchant dan/atau diserahkan kepada Tanam Emas. pengembalian dana baru akan dilakukan kepada Customer, apabila pengembalian Produk telah selesai dan diterima.

9. ULASAN

1. Untuk setiap transaksi yang dilakukan pada Aplikasi, Customer dapat memberikan ulasan.

2. Customer memahami dan menyetujui bahwa setiap ulasan yang disampaikan oleh Customer sewaktu-waktu dapat ditampilkan pada Aplikasi, penyedia layanan yang relevan dengan Platform Tanam Emas, ataupun pihak ketiga lainnya yang bermitra dengan Platform Tanam Emas baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial.

3. Customer dilarang untuk memberikan ulasan yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, bersifat ancaman, bertentangan dengan ketentuan hukum dan hal-hal lain yang tidak sesuai dengan kepatutan dalam masyarakat. Tanam Emas dengan ini berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ini, seperti namun tidak terbatas pada penghapusan ulasan, Penangguhan Akun dan/atau memasukkan Akun Customer dalam Daftar Hitam (blacklist).

10. RIWAYAT TRANSAKSI

1. Setiap proses transaksi pembelian Produk dalam Aplikasi oleh Customer akan dicatat dalam menu Riwayat Transaksi.

2. Pencatatan Riwayat Transaksi pada Platform Tanam Emas akan mencatatkan data-data seperti namun tidak terbatas sebagai berikut:

a. Hari, Tanggal, Waktu transaksi

b. Detail Barang;

c. Metode Pembayaran;

d. Metode Pengambilan;

e. Info Pengiriman;

f. Rincian Pembayaran.

3. Pencatatan Transaksi baru akan muncul ketika Customer telah menyelesaikan transaksi penjualan dan/atau pembelian yang telah memenuhi syarat dan ketentuan ini pada Platform Tanam Emas

4. Pencatatan Riwayat Transaksi Produk bukan merupakan pencatatan kepemilikan Produk Customer, melainkan hanya daftar transaksi-transaksi yang dilakukan oleh Customer pada Aplikasi Tanam Emas.

11. PROMO

1. Tanam Emas sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi dengan syarat dan ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan promo. Customer dihimbau untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan promo tersebut.

2. Customer hanya boleh menggunakan 1 (satu) Akun pada Aplikasi Tanam Emas untuk mengikuti setiap promo Tanam Emas. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) Akun oleh 1 (satu) Customer yang mempunyai informasi Akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Customer tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Tanam Emas.

3. Tanam Emas berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakantindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik dan/atau membatalkan pemberian promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menutup Akun, serta hal- hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan promo untuk keuntungan pribadi Customer, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran syarat dan ketentuan Tanam Emas dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

12. PENUTUPAN DAN PENANGGUHAN AKUN

1. Customer sewaktu-waktu dapat melakukan penutupan Akun pada Aplikasi melalui Aplikasi secara langsung.

2. Dalam hal Customer mengajukan penutupan Akun, Tanam Emas akan menghapus seluruh data yang berkaitan dengan Akun Customer, kecuali penutupan Akun Customer dilakukan berdasarkan adanya Penangguhan Akun Customer maupun pelanggaran Customer yang berakibat Customer dimasukkan pada Daftar Hitam (blacklist) pada Aplikasi Tanam Emas. Ketentuan lebih lanjut terkait pengelolaan data terhadap Akun yang diajukan penghapusan, dapat dilihat pada Kebijakan Privasi.

3. Akun Customer dapat ditangguhkan untuk sementara waktu atau dapat dibekukan secara permanen oleh Tanam Emas karena hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagai berikut:

a. Laporan Customer bahwa Akun Customer digunakan atau diduga digunakan atau disalahgunakan oleh orang lain;

b. Laporan Customer bahwa telepon genggam atau tablet pribadi Customer hilang, dicuri atau diretas, yang dibuktikan dengan surat kehilangan;

c. Tanam Emas mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Akun telah dialihkan atau digunakan oleh orang lain;

d. Tanam Emas mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa telah terjadi hal-hal yang menurut pandangan Tanam Emas telah atau dapat merugikan Tanam Emas, Customer, atau pihak lainnya;

e. Sistem Tanam Emas mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari Penggunaan Akun Customer atau adanya kewajiban berdasarkan syarat dan ketentuan dan/atau Kebijakan Privasi yang tidak dipenuhi oleh Customer. 4. Setelah dilakukan Penangguhan (suspend) untuk sementara waktu, Customer dengan ini memberikan hak kepada Tanam Emas untuk melakukan penyelidikan internal sesuai dengan kebijakan Tanam Emas.

5. Apabila Tanam Emas menilai bahwa Customer tidak melanggar ketentuan yang diatur dalam ketentuan ini, maka Tanam Emas akan mengaktifkan kembali Akun Customer yang dibekukan.

6. Apabila Tanam Emas tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan berarti Tanam Emas mengesampingkan hak Tanam Emas untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.

13. PERNYATAAN DAN JAMINAN CUSTOMER

1. Customer dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Customer adalah individu yang secara hukum cakap dan memiliki kapasitas untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia seperti namun tidak terbatas untuk mengikatkan diri dalam syarat dan ketentuan ini serta mematuhi ketentuan-ketentuannya. Jika Customer di bawah usia 18 (delapan belas) tahun atau di bawah pengampuan, maka Customer menjamin bahwa pembukaan Akun Aplikasi telah mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diwajibkan oleh peraturan perundangan-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dari orang tua, wali atau pengampu Customer yang sah menurut hukum.

2. Customer menyatakan dan menjamin bahwa Customer akan menggunakan layanan untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan syarat dan ketentuan ini serta semua undang-undang, aturan, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.

3. Customer menyatakan dan menjamin bahwa Akun ini digunakan sendiri dan Customer menjamin untuk tidak memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas Customer atau menggunakan Akun Customer. Dalam hal penggunaan Akun ini tidak dilakukan sendiri oleh Customer, maka segala kerugian yang timbul dari penggunaan tersebut menjadi tanggung jawab Customer dan untuk itu Customer melepaskan Tanam Emas dari segala tanggung jawab hukum yang timbul dari kerugian tersebut.

4. Customer bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Customer telah mengunduh (download) perangkat lunak yang benar untuk perangkat Customer. Tanam Emas tidak bertanggung jawab jika Customer tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Aplikasi Tanam Emas atau jika Customer telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Customer.

5. Customer dilarang untuk menggunakan Aplikasi Tanam Emas atau melakukan Transaksi sebagai berikut:

a. Transaksi dengan tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan ketentuan hukum, peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, maupun hak atau kepentingan pihak manapun;

b. Transaksi yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun;

c. Transaksi yang mengandung virus software seperti namun tidak terbatas pada worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program;

d. Transaksi yang dapat mengganggu integritas atau kinerja Aplikasi dan sistem pendukungnya; dan

e. Transaksi yang termasuk dalam atau melalui Aplikasi yang dapat merusak, mengganggu atau mencemarkan reputasi Aplikasi.

6. Customer diwajibkan untuk menjaga dan memastikan informasi keamanan Customer tidak tersebar kepada pihak lain. Setiap perintah transaksi yang dibuat melalui Akun Customer dari Aplikasi akan dianggap telah diotorisasi oleh Customer, dan merupakan perintah Customer untuk melakukan transaksi. Customer akan menanggung segala kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian Customer dan Tanam Emas tidak akan bertanggung jawab atas kelalaian Customer tersebut.

7. Customer menjamin bahwa dana atau uang yang dipergunakan dalam rangka transaksi adalah milik sendiri dan bukan merupakan dana atau uang yang berasal dari tindak kriminal, tindak terorisme, dan/atau tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Pembukaan Akun ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Pembukaan Akun ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam rangka atau menjadi bagian dari pendanaan organisasi kejahatan atau terorisme, dalam rangka penghindaran pajak, serta transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada instansi pemerintah berwenang berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dan Customer bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Tanam Emas dari segala tuntutan, klaim atau ganti rugi dalam bentuk apapun apabila Customer melanggar hal-hal tersebut.

8. Customer menjamin tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, nama Customer, Akun Customer, kode OTP, termasuk perubahan informasi Keamanan di kemudian hari dan Customer karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun Customer kepada orang atau pihak manapun tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Tanam Emas dan disetujui oleh Tanam Emas

9. Keterangan atau informasi yang diberikan Customer kepada Tanam Emas adalah mengikat Customer dan Tanam Emas. Jika diperlukan, Tanam Emas berhak setiap waktu meminta tambahan keterangan atau informasi mengenai Customer.

10. Customer memberikan wewenang atau kuasa kepada Tanam Emas untuk memberikan keterangan atau informasi serta salinan dokumen Customer kepada instansi dan/atau pejabat yang memiliki kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

11. Customer dengan ini menjamin tidak akan melakukan hal-hal berikut:

a. Mengirimkan spam atau pesan yang bersifat duplikasi atau melanggar hukum yang berlaku.

b. Mengirim atau menyimpan materi yang bernada mengancam, memfitnah, atau melanggar hukum dan bersifat sadis, termasuk namun tidak terbatas pada bahan berbahaya bagi anak-anak atau yang melanggar hak privasi pihak ketiga.

c. Mengirim bahan yang mengandung virus piranti lunak, seperti namun tidak terbatas pada worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, dokumen/file, script, agen, program.

d. Mengganggu atau mengacaukan integritas atau kinerja Aplikasi Tanam Emas atau sistem data dalamnya.

e. Mencoba untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke Aplikasi Tanam Emas, sistem atau jaringan terkait.

f. Terlibat dalam tindakan yang mungkin bisa merusak reputasi Kami atau dianggap dapat merusak reputasi Tanam Emas

g. Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi Tanam Emas, Customer memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Customer yang diterima dalam Aplikasi Tanam Emas akan diperlakukan sebagai bukti sah meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen fisik atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani Customer, dan dengan demikian, Customer setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Tanam Emas, Rekanan dan Afiliasi Tanam Emas dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Customer.

12. Dalam atau pada saat menggunakan Aplikasi, Customer setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

14. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

1. Seluruh Aplikasi Tanam Emas dan sistem pendukungnya termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh:

a. layout, desain dan tampilan Aplikasi yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi;

b. logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan

c. kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Tanam Emas dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.

2. Customer tidak diperkenankan dari waktu ke waktu untuk:

a. menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi (termasuk sistem pendukung dan layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Customer, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam syarat dan ketentuan ini;

b. memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan/atau perangkat lunak;

c. menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Tanam Emas miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Tanam Emas atau pemilik hak yang memberikan lisensi haknya kepada Tanam Emas;

d. merekayasa ulang atau mengakses Aplikasi dan/atau sistem pendukungnya untuk membangun produk atau layanan tandingan, membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau menyalin ide, fitur, fungsi atau grafis;

e. meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web crawlers, web robots, web indexers, bots, virus, worm, atau aplikasi lain sejenis dan segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi Tanam Emas;

f. menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, "tambang data" (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi dan isi yang terdapat di dalamnya.

3. Customer setuju bahwa Tanam Emas dapat untuk alasan apapun atas kebijakannya sendiri dan dengan atau tanpa pemberitahuan atau kewajiban kepada Customer atau pihak ketiga mana pun, mendaftar pada instansi yang berwenang, menambah, mengganti, dan/atau memodifikasi, model metode, algoritma atau proses otomatis lainnya yang tersedia saat menyediakan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada layanan yang terkait dengan Logo, Tampilan Website, Iklan Tanam Emas atau layanan lain yang disediakan oleh Tanam Emas.

15. KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)

1. Tidak menutup kemungkinan Tanam Emas tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan transaksi maupun perintah atau instruksi dari Customer melalui Aplikasi, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Tanam Emas, yang termasuk namun tidak terbatas pada:

a. Segala gangguan virus komputer,

b. Sistem trojan horses, komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun,

c. Gangguan listrik,

d. Gangguan telekomunikasi,

e. Layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam layanan, dan/atau

f. Bencana alam, bencana non-alam, bencana nasional, perang, huru-hara, kebakaran, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem penyedia jasa pembayaran dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Tanam Emas.

2. Customer dengan ini setuju bahwa Tanam Emas akan dibebaskan dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi, jika Tanam Emas tidak dapat melaksanakan instruksi dari Customer, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab keadaan kahar ini.

16. PEWARISAN

1. Produk yang terdapat pada Aplikasi milik Customer yang telah meninggal dunia dapat diwariskan kepada ahli waris Customer.

2. Ahli waris yang sah dapat mengajukan permintaan kepada Tanam Emas dengan menyerahkan Surat Keterangan Waris, Akta Keterangan Hak Mewaris atau penetapan ahli waris yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh institusi dan/atau pejabat yang berwenang untuk membuat keterangan waris sesuai peraturan perundang-undangan di Republik Indonesia.

3. Penyampaian wasiat oleh ahli waris Customer tetap harus menyertakan dokumen penetapan waris sebagaimana dimaksud dalam syarat dan ketentuan ini.

4. Bagi ahli waris yang belum cakap/dewasa sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan di Indonesia, maka harus terdapat keterangan yang menyatakan adanya perwalian yang sah yang berhak secara hukum untuk menjadi wali dari ahli waris tersebut.

5. Tanam Emas tidak bertanggung jawab terhadap perselisihan yang terjadi sehubungan dengan pewarisan antara para ahli waris dan/atau pihak lainnya, dokumen Kartu Keluarga dan dokumen penetapan waris yang diberikan oleh Customer atau ahli warisnya kepada Tanam Emas dianggap sebagai dokumen yang asli dan sah serta memiliki kekuatan hukum, Tanam Emas tidak berkewajiban untuk melakukan verifikasi terhadap keabsahan dan/atau keaslian terhadap dokumen-dokumen yang diberikan sehubungan dengan pewarisan sebagaimana terdapat dalam syarat dan ketentuan ini. Customer dengan ini membebaskan Tanam Emas dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun yang timbul dari ahli waris atau dari pihak manapun.

6. Tanam Emas tidak diwajibkan untuk memberitahu ahli waris Customer terkait pendaftaran Akun Customer pada Aplikasi Tanam Emas. Oleh karenanya merupakan kewajiban dari ahli waris Customer sendiri untuk mencari tahu setiap informasi atas harta waris milik Customer.

7. Syarat dan ketentuan mengenai pewarisan pada Aplikasi Tanam Emas dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan dari Tanam Emas.

17. PENGADUAN DAN LAYANAN

1. Tanam Emas menyediakan fasilitas atau layanan berupa layanan pengaduan atau customer service untuk memberikan bantuan atas kendala Customer dalam penggunaan Aplikasi yang dapat diakses melalui fitur pusat bantuan yang disediakan pada Aplikasi maupun melalui e-mail : support@tanamemas.id

2. Aplikasi juga menyediakan informasi kontak layanan pengaduan konsumen yang disediakan oleh instansi berwenang di bidang perlindungan konsumen.

3. Customer dapat mengajukan pertanyaan, keluhan, dan/atau pengaduan sehubungan dengan layanan pada Aplikasi, seperti namun tidak terbatas pada (a) gangguan sistem yang menyebabkan Customer tidak dapat menggunakan layanan Tanam Emas, (b) Customer menduga atau mengetahui terdapat indikasi atau dugaan penyalahgunaan Akun oleh pihak lain, (c) pengaduan atau pelaporan Penangguhan Akun lain yang melakukan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Tanam Emas maupun mengajukan penutupan Akun, (d) penyelesaian permasalahan mengenai pengembalian dana atau penggantian/penukaran produk.

4. Setiap pengaduan atau pelaporan harus disertai dengan bukti yang relevan sehingga Tanam Emas akan menindaklanjuti dan melakukan peninjauan terhadap pelaporan atau pengaduan untuk memberikan bantuan atau keputusan berdasarkan penilaian bukti tersebut.

5. Tanam Emas akan mengupayakan penyelesaian segala pengaduan atau pelaporan atau kendala yang diproses melalui layanan pengaduan atau customer service dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja dan dapat diperpanjang sesuai dengan tingkat kerumitan masalah yang ada.

18. HUKUM YANG MENGATUR

1. Syarat dan ketentuan ini dibuat, ditafsirkan, dan diberlakukan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.

2. Tanam Emas dan Merchant setuju bahwa apabila ada perselisihan, sengketa, konflik atau pertentangan, timbul dari atau sehubungan dengan syarat dan ketentuan ini atau pelaksanaannya, termasuk namun tidak terbatas pada setiap keraguan mengenai keberadaannya, keabsahannya, pengakhiran hak atau kewajiban dari suatu pihak, Tanam Emas dan Merchant wajib untuk menyelesaikan Sengketa tersebut secara musyawarah dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah suatu pihak menerima pemberitahuan dari pihak lainnya mengenai hal yang disengketakan.

3. Apabila Tanam Emas dan Customer tidak dapat mencapai mufakat untuk menyelesaikan sengketa dalam jangka waktu tersebut di atas, maka Para Pihak sepakat menyelesaikan sengketa melalui Singapore Arbitration Centre ("SIAC"), dengan ketentuan:

a. Arbitrase akan dilakukan dalam bahasa Inggris di Singapura dan dilaksanakan sesuai tata cara yang ditentukan dalam ketentuan Peraturan Arbitrase yang berlaku di SIAC.

b. Arbitrase akan dipimpin oleh 3 (tiga) orang arbiter, dengan ketentuan 1 (satu) orang arbiter dipilih oleh Customer, 1 (satu) orang arbiter dipilih oleh Tanam Emas dan 1 (satu) orang arbiter dipilih oleh Ketua Lembaga SIAC.

c. Setiap pemberitahuan arbitrase, balasan, atau komunikasi lain yang diberikan kepada atau oleh suatu pihak dalam arbitrase harus diberikan dan dianggap telah diterima sebagaimana yang ditentukan dalam Peraturan Arbitrase.

d. Para pihak setuju bahwa putusan arbitrase bersifat final dan mengikat para pihak.

e. Para pihak setuju bahwa para pihak tidak berhak untuk memulai atau memproses suatu gugatan atau proses hukum (kecuali untuk tindakan sementara atau konservatoir) hingga sengketa telah diputuskan sesuai dengan prosedur arbitrase yang ditentukan dalam syarat dan ketentuan ini dan kemudian hanya untuk penetapan putusan arbitrase yang diberikan dalam arbitrase.

f. Penetapan atas putusan arbitrase dapat diberikan di suatu pengadilan dengan kompetensi di yurisdiksi terkait atau permohonan dapat diajukan ke pengadilan tersebut untuk penerimaan pengadilan atas putusan arbitrase tersebut dan suatu perintah pelaksanaan, sesuai dengan keadaan.

g. Para pihak dengan ini menolak setiap hak yang mungkin dimiliki olehnya untuk banding terhadap atau mengupayakan upaya hukum dari putusan arbitrase atau keputusan apapun dari para arbiter yang dimuat dalam putusan arbitrase dan setuju bahwa para pihak tidak akan mengajukan banding ke pengadilan mana pun terhadap putusan arbitrase atau keputusan dari para arbiter yang dibuat dalam putusan arbitrase.

4. Setiap pihak mengesampingkan setiap persyaratan berdasarkan hukum yang berlaku bahwa arbitrase tidak perlu diselesaikan dalam waktu tertentu. Setiap pihak dengan ini setuju bahwa untuk kepentingan melaksanakan putusan arbitrase di Republik Indonesia untuk mendaftarkan putusan arbitrase di Kantor Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

19. BAHASA

1. Syarat dan ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan tidak menutup kemungkinan dikemudian hari tersedia dalam Bahasa Inggris. Dalam hal terjadi perbedaan penafsiran, inkonsistensi atau kontradiksi antara versi Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan diubah sebagaimana seharusnya agar mencakup maksud dari versi Bahasa Indonesia.

2. Ketentuan bahasa dalam syarat dan ketentuan ini berlaku dan disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan mengatur tentang bahasa.

20. KETERPISAHAN

Apabila terdapat salah satu atau sebagian ketentuan dalam syarat dan ketentuan yang dianggap melanggar hukum, dibatalkan, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum Republik Indonesia, maka ketentuan tersebut harus dianggap dapat dipisahkan dari syarat dan ketentuan ini. Sehingga tidak mempengaruhi ketentuan lainnya, dan ketentuan lain yang terdapat pada syarat dan ketentuan ini tetap berlaku sepanjang memiliki keabsahan berdasarkan hukum di negara Republik Indonesia.

21. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

1. Tanam Emas tidak menjamin bahwa :

a. Penggunaan layanan dalam Aplikasi Tanam Emas akan tanpa gangguan atau terbebas dari kesalahan atau beroperasi dengan kombinasi dengan perangkat keras lain, perangkat lunak, sistem atau data;

b. Layanan akan memenuhi kebutuhan atau harapan Customer;

c. Setiap data yang tersimpan akan akurat atau dapat diandalkan;

d. Aplikasi Tanam Emas terbebas dari virus atau komponen berbahaya lainnya. layanan disediakan untuk Customer terbatas hanya pada dasar “sebagaimana adanya”;

e. Customer mengakui dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul dari penggunaan layanan tetap semata-mata dan sepenuhnya ada pada Customer dan Customer tidak akan memiliki hak untuk meminta ganti rugi apapun dari Tanam Emas.

2. Customer dengan ini membebaskan Tanam Emas dari segala tuntutan dan ganti kerugian apapun dan/atau dari pihak manapun dengan adanya:

a. Segala hal atau segala sesuatu yang berada di luar kemampuan Tanam Emas, antara lain termasuk namun tidak terbatas pada pelaksanaan peraturan yang berlaku di Indonesia baik yang berlaku saat ini atau di kemudian hari, kondisi keadaan memaksa antara lain pemogokan, huru-hara, perang, perpecahan, keadaan darurat, bencana alam, situasi politik, kegagalan dalam penerapan teknologi baru pada fasilitas komputer;

b. Kerugian yang diderita Customer sebagai akibat dari penipuan dan/atau penyalahgunaan Akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab;

c. Customer memberikan data/informasi tidak benar/palsu perihal penjualan Produk dan pembelian Produk seperti namun tidak terbatas atas perolehan Produk Customer, Aliran dana untuk penjualan dan pembelian Produk, pelaporan atas hasil penjualan Produk dan pembelian Produk pada pihak/pejabat yang berwajib, dan lain sebagainya;

d. Kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan layanan Aplikasi Tanam Emas oleh Customer atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Customer dalam menggunakan layanan Aplikasi Tanam Emas;

e. Pencemaran nama baik Customer, Merchant maupun pihak lain; atau

f. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Aplikasi Tanam Emas.

3. Customer dengan ini membebaskan Tanam Emas termasuk jajaran Direksi dan Komisaris Tanam Emas, karyawan, dan/atau pegawainya serta afiliasi Tanam Emas dari tanggung jawab, tuntutan dan/atau gugatan hukum terhadap segala kerugian yang mungkin diderita Customer sebagai akibat dari gagalnya transaksi Customer.

4. Customer mengetahui dan setuju bahwa Tanam Emas berhak untuk melakukan Penangguhan (suspend) Customer atau memasukkan Customer ke dalam Daftar Hitam (Blacklist) apabila:

a. Tanam Emas memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan Rekening dan/atau layanan yang dilakukan oleh Customer.

b. Customer memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada Tanam Emas;

c. Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.

5. Customer dengan ini mengetahui bahwa layanan Aplikasi mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan yang dapat menyebabkan tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Customer gunakan. Tanam Emas tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.

6. Customer dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau layanan (atau fitur-fitur atau bagianbagian tertentu) dapat berubah atau tidak tersedia. Untuk itu atas terjadinya hal tersebut Customer setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Tanam Emas.

7. Tanam Emas dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Customer maupun atas kerugian Customer serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:

a. Kehilangan Data;

b. Kehilangan atau kerusakan yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Customer atas layanan Aplikasi atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Customer dalam menggunakan layanan Aplikasi, atau

c. Tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Customer yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Customer yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Customer, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Tanam Emas, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan Tanam Emas yang disengaja atau kelalaian Tanam Emas.

8. Customer dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Tanam Emas dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:

a. Penggunaan Data oleh Tanam Emas berdasarkan syarat dan ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Customer berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Tanam Emas dalam syarat dan ketentuan ini;

b. Pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Customer kepada Tanam Emas atau dalam atau melalui layanan Aplikasi Tanam Emas yang Customer lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Customer merupakan pihak atau dimana Customer atau aset Customer terikat;

c. Penggunaan layanan Aplikasi (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar syarat dan ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya;

9. Sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, dalam keadaan apapun Tanam Emas tidak akan bertanggung jawab baik dalam hal kontrak, garansi, perbuatan melawan hukum (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pengabaian (baik apakah aktif, pasif atau diperhitungkan), kewajiban produk, kewajiban ketat atau teori lainnya), atau penyebab lainnya dari tindakan hukum, dalam keadilan, oleh undang-undang atau hal lainnya, untuk: a. Hilangnya penggunaan; hilangnya keuntungan; hilangnya pendapatan; hilangnya data; hilangnya good will; atau kegagalan merealisasikan simpanan yang diperkirakan, untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung; atau b. Setiap kerugian tidak langsung, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan situs ini atau layanan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, bahkan jika Tanam Emas telah diberi tahu tentang kemungkinan kerugian tersebut.

10. Kewajiban Tanam Emas hanya sebatas penyediaan Aplikasi Tanam Emas kepada Merchant dan Customer untuk dapat melakukan transaksi berupa Produk yang diperjualbelikan pada Aplikasi tersebut.

11. Customer mengetahui dan setuju bahwa Tanam Emas tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Customer, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu dan pantas atas setiap dugaan dan/atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku untuk memberikan segala informasi terkait data diri dan Akun Customer, melakukan suspensi Akun dan/atau penghapusan Akun Customer, mengajukan pelaporan kepada pihak/pejabat yang berwajib.

22. PEMBERITAHUAN

1. Ketika menggunakan Aplikasi, Customer setuju untuk menerima pemberitahuan dan berkomunikasi dengan Tanam Emas secara elektronik seperti melalui e-mail atau media komunikasi lainnya.

2. Setiap pemberitahuan penggunaan Tanam Emas akan diberikan secara tertulis baik melalui surat pemberitahuan (notifikasi) atau e-mail kepada Customer melalui alamat e-mail terdaftar atau e-mail terakhir yang diketahui.

3. Setiap pemberitahuan yang diberikan Tanam Emas melalui surat pemberitahuan (notifikasi) atau e-mail terakhir Customer yang diketahui dianggap telah diberikan dan diterima persetujuannya oleh Customer dalam waktu 1 (satu) hari kalender sejak surat pemberitahuan (notifikasi) atau e-mail dikirim. Keadaan tersebut dapat dibuktikan dengan cara menunjukan bahwa surat pemberitahuan (notifikasi) atau e-mail telah dikirimkan ke alamat e-mail Customer.

4. Semua bentuk komunikasi dan/atau pemberitahuan elektronik dapat diberitahukan, diungkapkan, dan digunakan sebagai bukti yang sah sebagaimana diatur oleh undang-undang dan peraturan Republik Indonesia yang berlaku tentang komunikasi elektronik atau Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

23. PENUTUP

1. Syarat dan ketentuan dapat diubah dan/atau diperbarui sewaktu-waktu. Tanam Emas akan memberitahukan seluruh perubahan syarat dan ketentuan melalui e- mail dan Tanam Emas menyarankan kepada Customer untuk membaca setiap perubahan syarat dan ketentuan dengan seksama. Setelah Merchant mengetahui perubahan syarat dan ketentuan dan memutuskan tetap menggunakan Aplikasi Tanam Emas, maka Merchant dianggap menyetujui perubahan-perubahan syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Apabila terdapat pasal dalam syarat dan ketentuan ini menjadi atau dinyatakan oleh pengadilan yang berwenang tidak valid atau tidak dapat diterapkan, cacat hukum atau tidak berlaku, maka pasal tersebut tidak mempengaruhi ketentuan pasal atau bagian lainnya yang semuanya akan tetap berlaku sepenuhnya sepanjang syarat dan ketentuan ini dapat terus berlaku tanpa jangka yang tidak ditentukan.

3. Dalam hal terjadi pemutusan, pengakhiran atau berakhirnya syarat dan ketentuan ini oleh sebab apapun oleh Para Pihak atau salah satu Pihak maka Customer dan Tanam Emas setuju untuk mengesampingkan Pasal 1266 KUHPerdata dan Pasal 1267 KUHPerdata Indonesia sejauh tidak diwajibkannya perintah pengadilan untuk mengakhiri Perjanjian ini. Pengakhiran Perjanjian ini tidak akan membebaskan atau membatasi masing-masing Pihak dari kewajiban, tanggung jawab dan kewajiban yang timbul sebelum pengakhiran tersebut.

4. Syarat dan ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia. Apabila dikemudian hari syarat dan ketentuan ini tersedia dalam Bahasa Inggris maka versi Bahasa Inggris tersebut hanya bersifat sebagai terjemahan. Dalam hal terjadi perbedaan penafsiran, inkonsistensi atau kontradiksi antara versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dari syarat dan ketentuan, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan diubah sebagaimana seharusnya agar mencakup maksud dari versi Bahasa Indonesia.

5. Customer menyatakan bahwa kerugian yang diderita oleh Tanam Emas (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan) akibat Pelanggaran syarat dan ketentuan oleh Customer dampak berdampak material dan immaterial bagi kelangsungan kegiatan dan reputasi Tanam Emas. Customer dengan ini setuju bahwa Tanam Emas secara mutlak berhak untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk memulihkan dan melindungi nama baiknya serta meminta penggantian kepada Customer yang melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan ini atas kerugian yang diderita Tanam Emas termasuk namun tidak terbatas pada melakukan pemeriksaan atau investigasi (baik sendiri atau bekerja sama dengan pihak yang berwajib), menegur Customer yang bersangkutan, melakukan pembekuan atau blacklist Akun Customer, melakukan kompensasi atas kerugian yang diderita oleh Tanam Emas.

6. Judul di dalam Perjanjian ini dibuat sebagai acuan saja, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang ada atau tercakup dalam pasal tersebut.

7. Tidak dilaksanakannya hak Tanam Emas untuk menuntut hak Tanam Emas berdasarkan Perjanjian ini ataupun tidak diambilnya tindakan oleh Tanam Emas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Customer terhadap Perjanjian ini tidak akan mengesampingkan atau tidak mengesampingkan hak Tanam Emas untuk mengambil tindakan terhadap pelanggaran serupa atau pelanggaran berikutnya.

Dengan membaca dan/atau menerima syarat dan ketentuan ini, Customer menyatakan telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam syarat dan ketentuan ini dan konsekuensinya, dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur dan telah ditetapkan oleh Tanam Emas sebagai penyedia Aplikasi Tanam Emas.

 

DOWNLOAD SYARAT DAN KETENTUAN CUSTOMER